Pengalaman Magang di Damn I Love Indonesia
Halo!
Pada kesempatan ini gua akan share
beberapa pengalaman magang gua di perusahaan ritel yang pastinya kalian semua
pada tau yaitu Damn! I Love Indonesia selama 3 bulan, dari bulan Desember 2013
sampai Maret 2014.
Awalnya gua tau lowongan ini dari twitter @KampusUpdate, so thanks a bunch for Kampus Update J.
(nb: this post also featured on Kampus Update's)
Selama 3 bulan
kemarin ini gw magang di bagian e-commerce dari Damn! I Love Indonesia,
yang mencakup www.DamnILoveIndonesia.com
beserta segala media sosial Damn! I Love Indo. Jadi agak berbeda sama Damn I
Love Indonesia yang ngurus bagian produksi dan penjualan di berbagai outlet Damn I Love Indonesia diberbagai
gerai, namun tetap berkaitan dengan Damn I Love Indonesia bagian produksi ini.
Damn! I Love Indonesia(dot)com sendiri ada dibawah naungan Octovate Group, dan
lokasi kantornya ini ada di The Bellezza Shopping Arcade di Permata Hijau, Jakarta
Selatan. Oh ya, gua magang sebagai Junior
Account Executive di divisi media and
community relation.
Apa saja sih yg gua lakukan di Damn! I Love Indonesia(dot)com sebagai e-commerce media dan digital marketing tools ?
Divisi yg gua tempatin ini bisa dibilang adalah Public Relation yang menjadi ujung tombaknya Dilicom (Damn! I Love
Indonesia(dot)com), dan karena jabatan gua adalah AE (Account Executive) maka job
desc gua yang utama adalah berhubungan dengan berbagai pihak terutama external seperti partner, klien, dan
lain-lain untuk menjalin kerja sama dengan Dilicom. Disini gua dikasih
kepercayaan dan bener-bener diterjunin
langsung untuk berhubungan dengan berbagai pihak external ini mulai dari komunikasi via telepon maupun meeting dengan berbagai klien.
Ga cuma itu, disini
gua juga melakukan pekerjaan dari hulu ke hilir mulai dari assist supervisor mencari klien yang cocok dan potensial untuk partnership dalam membantu mengembangkan
Dilicom, lalu approach kliennya, dan
kemudian baru meeting (bersama supervisor) dengan klien untuk
membicarakan perihal kerja sama dan turut bernegosiasi serta memberi masukan.
Oleh karena itu, gua merasa dapet pengalaman real yang emang esensial dan
dibutuhkan di dunia kerja nanti. Senang rasanya bisa bertemu dengan berbagai
orang baru untuk menambah networking
serta meningkatkan kepercayaan diri dan skill
komunikasi pula.
Contoh pekerjaan yg gua lakukan dulu salah satunya mencari klien dari suatu brand yang relevan dengan Dilicom untuk men-support sales promotion
dari dilicom, seperti pembelian produk dari dilicom akan mendapat hadiah berupa
voucher/sesuatu dari pihak klien yang
tujuannya adalah win-win solution
dimana klien dapat dipromosikan usahanya oleh Dilicom, dan Dilicom juga dapat
memberi benefit lebih bagi yang
membeli produknya. Hasil-hasil kerjasama ini lah yang dulu turut mengisi banner utama di damniloveindonesia.com ,
tweets, serta facebook Dilicom.
Suasana kantor Dilicom ini juga terbilang santai, orang-orangnya pun ramah dan tidak ada senioritas karena dilicom sendiri merupakan industri kreatif lokal. Selain itu selama magang kemarin gua juga mengerti tentang kehidupan kantoran, serta bagaimana bersikap profesional. Terima kasih Damn! I Love Indonesia J
No comments:
Post a Comment