Thursday, April 3, 2014

Internship Experience at Damn! I Love Indonesia

Pengalaman Magang di Damn I Love Indonesia

Halo!
Pada kesempatan ini gua akan share beberapa pengalaman magang gua di perusahaan ritel yang pastinya kalian semua pada tau yaitu Damn! I Love Indonesia selama 3 bulan, dari bulan Desember 2013 sampai Maret 2014.

Awalnya gua tau lowongan ini dari twitter @KampusUpdate, so thanks a bunch for Kampus Update J.
(nb: this post also featured on Kampus Update's)



Selama 3 bulan kemarin ini gw magang  di bagian e-commerce dari Damn! I Love Indonesia, yang mencakup www.DamnILoveIndonesia.com beserta segala media sosial Damn! I Love Indo. Jadi agak berbeda sama Damn I Love Indonesia yang ngurus bagian produksi dan penjualan di berbagai outlet Damn I Love Indonesia diberbagai gerai, namun tetap berkaitan dengan Damn I Love Indonesia bagian produksi ini. Damn! I Love Indonesia(dot)com sendiri ada dibawah naungan Octovate Group, dan lokasi kantornya ini ada di The Bellezza Shopping Arcade di Permata Hijau, Jakarta Selatan. Oh ya, gua magang sebagai Junior Account Executive di divisi media and community relation.

Apa saja sih yg gua lakukan di Damn! I Love Indonesia(dot)com sebagai e-commerce media dan digital marketing tools ?
Divisi yg gua tempatin ini bisa dibilang adalah Public Relation yang menjadi ujung tombaknya Dilicom (Damn! I Love Indonesia(dot)com), dan karena jabatan gua adalah AE (Account Executive) maka job desc gua yang utama adalah berhubungan dengan berbagai pihak terutama external seperti partner, klien, dan lain-lain untuk menjalin kerja sama dengan Dilicom. Disini gua dikasih kepercayaan dan bener-bener  diterjunin langsung untuk berhubungan dengan berbagai pihak external ini mulai dari komunikasi via telepon maupun meeting dengan berbagai klien.

Ga cuma itu, disini gua juga melakukan pekerjaan dari hulu ke hilir mulai dari assist supervisor mencari klien yang cocok dan potensial untuk partnership dalam membantu mengembangkan Dilicom, lalu approach kliennya, dan kemudian baru meeting (bersama supervisor) dengan klien untuk membicarakan perihal kerja sama dan turut bernegosiasi serta memberi masukan. Oleh karena itu, gua merasa dapet pengalaman real yang emang esensial dan dibutuhkan di dunia kerja nanti. Senang rasanya bisa bertemu dengan berbagai orang baru untuk menambah networking serta meningkatkan kepercayaan diri dan skill komunikasi pula.

Contoh pekerjaan yg gua lakukan dulu salah satunya  mencari klien dari suatu brand yang relevan dengan Dilicom untuk men-support sales promotion dari dilicom, seperti pembelian produk dari dilicom akan mendapat hadiah berupa voucher/sesuatu dari pihak klien yang tujuannya adalah win-win solution dimana klien dapat dipromosikan usahanya oleh Dilicom, dan Dilicom juga dapat memberi benefit lebih bagi yang membeli produknya. Hasil-hasil kerjasama ini lah yang dulu turut mengisi banner utama di damniloveindonesia.com , tweets, serta facebook Dilicom.

By the way, hari pertama gua magang waktu itu bertepatan dengan Dilicom yang lagi bikin event nonton bareng film Soekarno di Blitz Megaplex Grand Indonesia bareng berbagai media dan Damn! Patriotics (komunitas penggemar Damn! I Love Indonesia). Yang bikin keren, event ini dihadiri langsung oleh Daniel Mananta, serta beberapa pemain film Soekarno yaitu Ario Bayu, Tika Bravani, serta Tanta Ginting.


Suasana kantor Dilicom ini juga terbilang santai, orang-orangnya pun ramah dan tidak ada senioritas karena dilicom sendiri merupakan industri kreatif lokal. Selain itu selama magang kemarin gua juga mengerti tentang kehidupan kantoran, serta bagaimana bersikap profesional. Terima kasih Damn! I Love Indonesia J



No comments:

Post a Comment